Selasa, 15 September 2009

Sistem Informasi Nasional

Perkembangan teknologi informasi telah menyentuh berbagai sendi kehidupan manusia. Perkembangan-perkembangan yang terjadi dalam bidang teknologi informasi telah membentuk sebuah tatanan kehidupan manusia dalam hal bersosialisasi dan beraktivitas yang dinamis dan selalu bergerak cepat mengikuti perkembangan global yang sedang terjadi. Pemanfaatan teknologi informasi secara tepat bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia, sehingga sangat membantu proses pencapaian kesejahteraan yang mereka inginkan. Namun demikian pemanfaatan teknologi juga tidak sepenuhnya memberikan nilai yang positif, karena selain bisa memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan peradaban manusia, pemanfaatan teknologi informasi juga bisa menjadi sarana efektif untuk melakukan perbuatan melawan hukum. Didasarkan pada pemikiran tersebut, berbagai upaya dalam hal pengaturan dalam UU yang bisa mencegah berbagai dampak negatif akibat dari perbuatan hukum harus segera dilakukan.

Sistem Informasi merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi.
Sistem Informasi yang fleksibel dan bisa beradaptasi merupakan kekuatan utama bagi inovasi bisnis maupun organisasional. Sementara itu sistem yang kaku justru berpotensi menjadi penghalang kemajuan.

Sisi Sistem merupakan sudut pandang dari aspek teknis teknologi informasi. Pada sisi ini sudah berbagai upaya yang dilakukan para ahli dan praktisi teknologi informasi untuk membangun sistem komputer yang lebih fleksibel dan adaptif terhadap perubahan-perubahan kebutuhan dan spesifikasi. Masalahnya kita terbentur pada keperluan kolaborasi kelompok dan mencoba mengadopsi suatu cara kerja, ia akan menjadi cenderung tidak fleksibel lagi (sudah menyesuaikan dengan ‘selera’ kerja tertentu). Ketika bertemu dengan kebutuhan organisasi, ada dilemma bahwa restrukturisasi proses kerja (dan pembuatan teknologi yang mendukung model organisasi baru) merupakan pekerjaan yang memakan biaya besar dan waktu yang lama; sementara itu kebutuhan oraganisasi senantiasa berubah dengan cepatnya.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data/informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu. Istilah ‘teknologi informasi’ mulai dipergunakan secara luas di pertengahan tahun 80-an. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi komputer yang dipadukan dengan teknologi telekomunikasi. Definisi kata ‘informasi’ sendiri secara internasional telah disepakati sebagai ‘hasil dari pengolahan data’ yang secara prinsip memiliki nilai atau value yang lebih dibandingkan dengan data mentah. Komputer merupakan bentuk teknologi informasi pertama (cikal bakal) yang dapat melakukan proses pengolahan data menjadi informasi. Dalam kurun waktu yang kurang lebih sama, kemajuan teknologi telekomunikasi terlihat sedemikian pesatnya, sehingga telah mampu membuat dunia menjadi terasa lebih kecil (mereduksi ruang dan waktu = time and space). Dari sejarah ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data/informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu. Dengan berpegang pada definisi ini, terlihat bahwa komputer hanya merupakan salah satu produk dalam domain teknologi informasi. Modem, Router, Oracle, SAP, Printer, Multimedia, Cabling System, VSAT, dan lain sebagainya, merupakan contoh dari produk-produk teknologi informasi.


Minggu, 13 September 2009

Mau Kemana setelah Selesai Sarjana IT???


Sarjana IT...
Apabila ada yang bertanya “ kemanakah anda setelah lulus menjadi sarjana IT????” jawabnya adalah menjadi orang yang bisa memajukan IT di indonesia mengingat indonesia adalah salah satu negara yang berkembang dalam bidang ini,
Banyak tujuan dan keinginan setiap orang setelah lulus kuliah, begitu juga dengan lulusan sarjana IT. Kalau kita berbicara mau kemana, harapan selanjutnya, pasti tidak jauh berbeda antara pemikiran kalian dengan saya.

Jelas,.yang pertama tujuannya adalah mencari pekerjaan sesuai dengan ilmu/jurusan yang didapat selama kuliah.
Di dalam negeri sendiri untuk layanan informasi publik, tenaga IT yang dibutuhkan untuk sektor ini, ialah tenaga untuk mengelola e-government. Perkembangan kebutuhan terhadap tenaga untuk mengelola e-governmet akan sejalan dengan perkembangan implementasi e-governement. Sebagai gambaran menyeluruh terhadap kebutuhan ini, dapat dilihat dari jumlah lembaga pemerintah pusat, kabupaten/kota dan lembaga lainnya. Berdasarkan kasus pengelola e-government di Kalimantan Timur, yang mengelola e-governemt untuk 14 layanan, menggunakan tenaga IT 11 orang, maka untuk seluruh instansi pemerintah, memerlukan paling sedikitnya memerlukan 5.489.

Mau kemana setelah lulus menjadi sarjana IT yang penting adalah dapat mengembangkan dan menyalurkan ilmu yang didapat selama kuliah kepada masyarakat, sehingga hasil ilmu yang didapat jga berguna bagi orang lain maupun banggsa ini sendiri.


Rabu, 09 September 2009

Istilah populer dalam IT

Begitu banyak istilah yang sangat populer dalam dunia IT.
Tetapi saya akan memaparkan 5 istilah saja. Diantaranya adalah;

1) INTERNET
Internet adalah sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

2) Email (Electronic Mail).
Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: myname@mydomain.com.

3) FREEWARE
Freeware adalah software dapat didownload dan diedarkan dengan gratis. Meskipun demikian, masih terdapat hak cipta (copyright) padanya, sehingga software ini tidak boleh dikumpulkan dan dijual atas nama sendiri.

4) Bridge
Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.

5) Switching
Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut.

Kecurangan dalam dunia IT

Banyak kecurangan dalam dunia IT, begitu banyak untuk disebutkan satu persatu. Kecurangan di bidang IT adalah salah satu kecurangan yang paling banyak dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Banyak saat ini kita jumpai kecurangan dalam hal IT misalnya saja, Cracking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang lain dengan tujuan jahat. Sebutan untuk cracker (orang yang melakukan cracking adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Contoh yang biasa dilakukan cracker adalah menyadap data sensitif orang lain untuk keuntungan diri sendiri, misal data account bank. Data yang seharusnya pribadi akan sangat berbahaya bila jatuh ke tangan orang yang salah.

Apalagi media internet begitu cepat untuk diakses, sehingga media kecurangan begitu banyak disebar luaskan melalui internet. Selain itu contoh lain kejahatan-kejahatan yang berbasis internet diantaranya phising, defacing, dll. Kejahatan-kejahatan ini benar - benar sering kita jumpai di dunia maya. Ini tentu saja meresahkan banyak pihak. Maka sudah seharusnya pemerintah benar-benar menegaskan aturan di sektor ini, demi meningkatkan keamanan dan mengurangi tingkat kejahatan di dunia IT.

Masih banyak lagi kejahatan-kejahatan yang ada dalam bidang IT ini, kejahatan seperti ini bisa dikatakan kejahatan kriminal yang dapat dituntut pihak berwajib karena mengakibatkan kerugian bagi orang lain maupun intansi yang bersanggutan.

LSP Telematika

LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika) adalah suatu lembaga independen yang didirikan oleh pemerintah dan dilaksanakan oleh komunitas telematika. Bertugas menyelenggarakan standarisasi kompetensi kerja, menyiapkan materi uji serta mengakreditasi unit-unit Tempat Uji Kompetensi dan menerbitkan Sertifikasi Kompetensi bidang Telematika. LSP Telematika memang membawa angin segar bagi SDM yang bekerja di bidang Telematika untuk memiliki sertifikat kompetensi dalam profesinya. Namun, bagi SDM yang mengikuti jalur formal seperti Kuliah, akan sangat merugikan bagi SDM yang menggunakan jalur formal. Karena LSP ini dengan mudah mengeluarkan sertifikat tanpa harus belajar yang lama seperti kuliah.

Banyak keuntungan yang didapat dari LSP diantaranya sistem komisi yang menyerupai Sistem komisi di perusahaan asuransi dimana para Business Representative masih mendapatkan Komisi untuk 3-4 tahun ke depan dari hasil penjualan pada saat ini. Selain itu dapat dikerjakan sebagai pekerjaan sampingan terutama bagi anda yang memang mempunyai teman-teman / network yang baik dan membutuhkan tambahan penghasilan.

Selain keuntungan diatas, peserta akan memperoleh akses untuk lebih berkembang dalam profesinya dan mendapat pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki, serta mempunyai nilai lebih dalam pasar dunia kerja.

Selasa, 08 September 2009

Profesional IT

Satu kata 'profesional', banyak mana dari kata tersebut salah satunya adalah mahir, menguasai, dll.
Namun perlu diingat, "profesional" artinya sebagai seorang profesional, Anda dituntut sebuah selembar kertas menunjukkan Anda certified. Bukan Ijazah. Tidak perduli dia masih bocah dan belum lulus "SD", kalau menyebut kata profesional , ya sertifikasi. IT Professional? ya IT Certified. Ijazah pendidikan formal? S1?

Profesional di bidang IT tidak hanya diukur sampai sejauh mana jenjang pendidikanya, ataupun gelar yang sudah didapatnya. Melainkan sampai sejauh mana dia mahir ataupun menguasai IT tersebut, tidak harus menjadi seorang programer (kalau menurut saya). Tapi profesional IT disini lebih dituntut bagaimana cara dia atau kemampuan dia untuk mengembangkan bidang IT ini lebih jauh lagi, misalnya saja dengan membuat suatu aplikasi yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hasil dari profesionalitas seseorang tersebut dapat dimanfaatkan ilmunya bagi orang lain.

Mungkin ada diantara kalian juga yang bisa dikatakan profesional dibidang IT, misalnya saja aktif dalam membuat project-project untuk keperluan sendiri maupun untuk dijual kesebuah perusahaan..
Tetapi ingat profesional dibidang IT disini adalah profesional secara positif mengembangkan ilmunya dan berguna bagi orang lain yang memerlukannya.



Selasa, 01 September 2009

Perkiraan Perkembangan IT dimasa depan (dari sudut pandang mahasiswa IT/komputer)

Kalau menurut kalian semua, gimana seh kira-kira perkembangan atau kemajuan IT besok, bln depan, tahun depan, sampai masa depan yang akan datang...
Satu kata yang mungkin saya sampaikan dalam hati 'tak terhingga dan tak terduga'.
Tapi kita selaku orang berpendidikan, mahasiswa/i tentunya mempunyai pola pikir yang berbeda-beda, tentu kita mengarah keperkembangan secara positif, yang dapat memajukan dan mensejahterakan negri ini. Apalagi jika rekan-rekan sekalian mahasiswa/i IT, pasti dibenak anda sekalian perkembangan IT tidak jauh dari canggihnya teknologi.

Salah satu artikel mengatakan perkembangan IT tahun 2019 yang akan datang adalah"Sebuah PC seharga US$ 1000 akan setara dengan kemampuan komputasional seribu otak manusia. Komputer telah terhubung langsung ke otak manusia dengan koneksi high-bandwidth. Pencangkokan otak berhasil dilakukan untuk meningkatkan persepsi dan interpretasi secara audio dan visual, memori dan penalaran. Komputer mampu membaca semua literatur dan material multimedia yang dibangkitkan oleh mesin maupun manusia. Muncul diskusi tentang legalitas komputer dan konstitusi manusia."
LUAR BIASA...

Apa tanggapan anda dengan artikel tersebut??
Luar biasa, betapa hebatnya perkembangan IT yang akan datang.
Itu baru sebuah PC, blm yang lainnya tak terhingga betapa banyaknya
kemajuan IT tahun depan...

Dari refrensi diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa perkembangan teknologi di masa depan sangatlah penting bagi manusia diseluruh belahan dunia. Tapi kita jangan lupa disamping perkembangan teknologi yang sangat diharapkan kita juga perlu menjaga keutuhan dan keselarasan bumi kita dengan menjaga bumi kita agar tidak rusak dengan seiringnya teknologi yang semakin berkembang di dunia. Apabila bumi kita rusak maka percuma bila kita sudah menemukan teknologi yang mutakhir tetapi kita tidak bisa memperbaiki bumi kita ini dari bencana global warming, lapisan ozon yang menipis, atmosfer yang menipis juga, iklim yang sudah tidak menentu di berbagai belahan bumi ini dan masih banyak lagi masalah – masalah yang dapat timbul apabila bumi kita rusak.
Hehe...
Sekedar mengingatkan rekan-rekan....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...