Rabu, 09 September 2009

Kecurangan dalam dunia IT

Banyak kecurangan dalam dunia IT, begitu banyak untuk disebutkan satu persatu. Kecurangan di bidang IT adalah salah satu kecurangan yang paling banyak dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Banyak saat ini kita jumpai kecurangan dalam hal IT misalnya saja, Cracking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang lain dengan tujuan jahat. Sebutan untuk cracker (orang yang melakukan cracking adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Contoh yang biasa dilakukan cracker adalah menyadap data sensitif orang lain untuk keuntungan diri sendiri, misal data account bank. Data yang seharusnya pribadi akan sangat berbahaya bila jatuh ke tangan orang yang salah.

Apalagi media internet begitu cepat untuk diakses, sehingga media kecurangan begitu banyak disebar luaskan melalui internet. Selain itu contoh lain kejahatan-kejahatan yang berbasis internet diantaranya phising, defacing, dll. Kejahatan-kejahatan ini benar - benar sering kita jumpai di dunia maya. Ini tentu saja meresahkan banyak pihak. Maka sudah seharusnya pemerintah benar-benar menegaskan aturan di sektor ini, demi meningkatkan keamanan dan mengurangi tingkat kejahatan di dunia IT.

Masih banyak lagi kejahatan-kejahatan yang ada dalam bidang IT ini, kejahatan seperti ini bisa dikatakan kejahatan kriminal yang dapat dituntut pihak berwajib karena mengakibatkan kerugian bagi orang lain maupun intansi yang bersanggutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...