Selasa, 29 September 2009

Tugas Mata Kuliah Kewiraan Kelas Ekstensif STTI I-Tech

Peran Mahasiswa dalam meningkatkan wawasan kebangsaan


Selaku mahasiswa salah satu tugas kita adalah memajukan bangsa ini, dibidang pendidikan. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membantu mensejahterakan negri ini salah satunya dengan meningkatkan wawasan kebangsaan.
Sebelumnya yang dimaksud dengan meningkatkan wawasan kebangsaan adalah memajukan ataupun memberikan kemajuan serta memberi kualitas dalam berwawasan sehingga memberikan satu dampak yang bermanfaat bagi orang lain dan bangsa ini.
Untuk itu sudah saatnya semua komponen bangsa peduli dalam meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat. Hal ini dapat diupayakan melalui pendidikan kebangsaan baik di lingkungan pendidikan formal maupun informal.Pendidikan di lingkungan permukiman maupun pendidikan di lingkungan kerja. Namun barangkali akan timbul resistensi dari masyarakat maupun media massa karena di khawatirkan seperti jaman Orde Lama.
Oleh karena itu masyarakat harus menyadari pentingnya meningkatkan wawasan kebangsaan untuk masa-masa mendatang karena kalau tidak di lakukan maka akan semakin timbul degradasi dalam National and Character Building dan bangsa Indonesia tinggal saat-saat kehancurannya saja bilamana tidak di lakukan serta tidak perlu malu-malu lagi seperti yang dilakukan di jaman Orde Lama walaupun metodenya harus diperbaiki tidak seperti di masa yang lalu yang syarat dengan doktriner bukan menerima pendidikan kebangsaan dengan secara kesadaran.

Dilihat dari sudut ilmu pengetahuan bahwa konsep wawasan nusantara itu dapat dikatakan konsep geopolitik dan geostrategi Indonesia. Sebagian lagi mengatakan wawasan nusantara atau disebut wawasan kebangsaan Indonesia. Kalau itu memang suatu konsep ilmu pengetahuan, maka ia terbuka untuk diuji kebenarannya, bahkan dapat dipertanyakan sampai pada landasan filsafat apa yang mendasari konsep wawasan nusantara itu.


Dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, suatu konsep akan dapat bertahan hidup langgeng, apabila ia bertumpu pada filsafat hidup kemanusiaan, bahkan lebih lanjut bertumpu kepada filsafat kemanusiaan, yakni pada hakikatnya manusia itu itu dilahirkan bebas. Filsafat Pncasila, semua sila-silanya bertumpu pada filsafat keagamaan, keteraturan, adalah ciri kemanusiaan. Lihatlah konsep komunis (sama rata sama rasa) tak dapat bertahan lama, karena konsep ini pada hahikatnya menolak filsafat kemanusiaan yang bebas dan beragam.

Keragaman adalah kenyataan dari suatu kehidupan. Konsep komunis yang menolak kebebasan dan keragaman adalah tidak dapat bertahan lama, rontok setelah kurang lebih delapan puluh tahun. Uni soviet dalam bidang ekonomi misalnya sangat sentralistik (central planning menurut keseragaman, bukan keragaman). Kondisinya saat ini sudah sangat memprihatinkan dengan indikasi yang dapat dilihat secara nyata di berbagai media cetak dan elektronik sehari-hari. Saat ini tidak ada lagi suatu pendidikan wawasan kebangsaan seperti penataran P4 di masa Orde Baru dan ini sudah berjalan cukup lama, otomatis akan menurunkan wawasan kebangsaan masyarakat.

Apabila wawasan nusantara sebagai suatu konsep mampu diuji kebenarannya menurut kaca mata ilmu pengetahuan/filsafat, maka ia harus tunduk pada hukum yang menjadi sifat manusia dan alam semesta. Wawasan nusantara seyogianya adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang beragam. Lihatlah fauna can floranya di kepulauan Indonesia beragam, sosial budayanya beragam. Karena wawasan itu adalah cara pandang, berarti ia hanyalah merupakan visi.

Suatu visi biasanya memuat hal-hal yang bersifat umum dan kualitatif. Dari visi itu kita mempunyai misi kemudian objectives sampai pada strategi dan action plan. Jadi suatu visa harus disadari oleh setiap bangsa Indonesia,dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka dapat dikatakan wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. Untuk itu perlu pendidikan penataran dan pelatihan yang terencana, bertahap dan berlanjut guna mempertahankan kondisi yang sama bahkan meningkat di masa mendatang.

Contoh kasus yang terjadi di Indonesia

1. Contoh yang paling sederhana, banyak disekitar kita adik2 yang putus sekolah. Selaku mahasiswa kita bisa mendiskusikan hal ini dengan teman sekampus misalnya untuk membantu mereka dalam bidang pendidikan, kesenian, maupun kerajinan yang lainnya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan mereka.

2. Gotong royong adalah salah satu ciri dari bangsa Indonesia. Selaku mahasiswa bukan hanya menuntut ilmu di universitas saja tugas kita, aktif di organisasi kampus dan masyarakat adalah salah satu bakti kita kepada bangsa. Karena tujuan dari organisasi kesiswaan dan masyarakat salah satunya adalah bersifat sosial (membantu sesama). Seperti yang kita tahu saat ini banyak bencana alam yg terjadi dimana, tidak harus bantuan materi yang kita berikan bagi korban bencana alam. Bantuan moril juga sangat berarti untuk diberikan kepada sesama.

2 komentar:

  1. Memang mahasiswa merupakan salah satu aset Negara yang berharga maka dari itu, diwajibkan untuk memiliki wawasan berkebangsaan yang baik.
    is it right???

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...