Kamis, 17 September 2009

Hak Cipta dan Pembajakan

Barangkali di antara kita ada yang tidak sadar bahwa aktivitas kehidupan sehari-hari yang kita jalani telah melanggar hak cipta orang lain. Tidak lain dan tidak bukan adalah membajak telah menjadi keseharian sebagian dari kita tanpa ada rasa bersalah telah melakukannya. Kegiatan bajak-membajak diterima dan telah menjadi salah satu bagian penting masyarakat kita.

Pembajakan dinegri ini sudah sangat merugikan pemerintah dengan nominal yang tidak sedikit lagi. Oleh sebab itu kita selaku generasi muda, penerus bangsa tentunya bisa melerai pembajakan hakcipta saat ini. Sadarkah efek dan dampak negatif yang ditimbulkan dari pembajakan? Tentu saja salah satunya adalah membuat penjahat pelaku pembajakan komersial semakin kaya raya.

Mari kita lihat beberapa dampak buruk lain pembajakan karya cipta :

1. Orang yang membuat karya cipta tidak mendapatkan uang atau keuntungan dari penjualan karyanya.

2. Pemerintah tidak mendapatkan pemasukan dari pajak penjualan suatu karya cipta. Kurangnya penerimaan pajak tentu akan menghambat pertumbuhan ekonomi di negara kita.

3. Kita jadi manja karena dibiasakan menggunakan sesuau yang ilegal tanpa mengeluarkan banyak uang.

4. Mendapat dosa dari Tuhan yang maha esa.

5. Orang lain yang menggantungkan nafkah pada proses pembuatan karya orang lain jadi ikut rugi, dll...

Oleh karena itu mari kita renungkan kembali perbuatan kita yang pro pembajakan dan menyengsarakan orang-orang kreatif. Mungkin keuntungan yang kita dapat adalah mendapatkan sesuatu yang bagus tanpa harus keluar banyak uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...